Perbedaan Jenis Kayu Jati Jepara

Jenis kayu jati adalah kayu yang sangat cocok untuk membuat furniture yang baik. Sekitar 95% pengrajin mebel menggunakan kayu jati untuk membuat perabotan. Kayu jati atau juga disebut sebagai Tectona grandis adalah kayu yang berminyak dan berurat bagus. Bahkan, kayu ini memiliki kadar air rendah dengan kualitas ulet.

Macam-macam Jenis kayu jati
Ada sekitar 3 jenis yang umum dan sering digunakan oleh masyarakat yaitu kayu jati rakyat, kayu jati emas dan terakhir adalah kayu jati perhutani. Setiap jenis memiliki karakter dan tekstur yang membedakan dengan yang lain. (baca juga : sejarah mebel dunia dan perkembangannya )
  1. Kayu jati rakyat

Ada banyak bengkokan pada jenis kayu ini dnegan batang yang akhirnya bengkok. Kayu jati ini juga tumbuh lebih lama dibandingkan kayu jati emas, bahkan membutuhkan sekitar 15 sampai 25 tahun agar siap ditebang dan digunakan. Masa tumbuh yang terbilang lama membuat kayu ini lebih padat dibanding kayu jati emas.
kayu jati rakyat
kayu jati rakyat
  1. Kayu jati emas

Kayu jati ini adalah kayu yang pertumbuhannya jauh lebih cepat daripada kayu jati lainnya. Bahkan, hanya dalam waktu 7 sampai 15 tahun, pohonnya sudah bisa tumbuh dengan besar dan siap ditebang. Inilah yang menjadikan kayu ini cukup unggul diantara kayu jati lainnya. Selain itu, kayu jati emas tumbuh dengan batang lurus, tidak ada bengkokan yang banyak sehingga kayu yang diproduksi pun bisa lurus.  Banyak pekerja mebel yang lebih suka dengan kondisi kayu tersebut apalagi untuk mengerjakan desain furniture karena memberikan bidang yang lebar terutama dalam membuat lemari atau meja. Hanya saja, pori-pori pada kayu ini tergolong besar-besar alias kurang padat.

  1. Kayu jati perhutani

Disebut kayu jati perhutani karena memang yang mengelola adalah PT. Perum Perhutani, yang merupakan salah satu lembaga BUMN untuk sumber daya hutan di area Madura dan Jawa. Kayunya bahkan benar-benar berkualitas tinggi, paling tinggi diantara kayu jati rakyat dan kayu jati emas.
Nah, sekarang anda sudah tahu berbagai jenis kayu jati yang paling umum di Indonesia. Semoga membantu!

Sumber :  http://sanjayafurniture.com/informasi-terlengkap-tentang-jenis-kayu-jati/

Related product you might see:

Share this product :
 
Support : Sanjaya Furniture Jepara | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sanjaya mebel pusat meubel dan furniture terlengkap jepara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger